Mengupas setting Nano Station2 LOCO

Nano Station2 LOCO Sebagai dan network Client dan Router

Anda bisa mendownload tutorial ini DISINI

I.  NanoStation2 Loco Sebagai Bridge

Disini kita akan membahas tentang NanoStation2LOCO sebagai CLIENT secara bridge atau sebagai router

Berikut langkah-langkah setting nya

  1. Miliki dulu alatnya, bisa di beli di http://pasar.jaylangkung.com/
  2. Instalasikan Nano Station Loco di sisi client, kelebihan dari Nano Station2 Loco ini adalah sudah terintegrasi antenna dan mounting, jadi tinggal di pasang di tiang
  3. Data sheet pemasangan dan kekuatannya bisa di lihat disini : http://www.ubnt.com/products/loco.php
  4. Kita akan membuat sebuah topologi sederhana dengan sebuah komputer yang langsung terhubung dengan NanoStation2 LOCO.
  5. Setelah semua pemasangan telah benar sesuai dengan petunjuk maka masukkan IP pada LAN komputer anda, Baca pada bungkus Nanostation2 LOCO bahwa IP default nya adalah 192.168.1.20, Maka pada komputer anda harus satu blok dengan Nanostation2 LOCO, misal isi dengan 192.168.1.21
  6. Buka browser dan ketikkan IP address dari Nano Station2 Loco yaitu 192.168.1.20
  7. Pada posisi default username nya adalah : ubnt , dan password default adalah : ubnt
  8. Untuk peneapan Network diatas maka NanoStation2 Loco kita setup sebagai Bridge, (jembatan),
  9. Klik pada menu Link Setup.
  10. Kita akan menerapkan topologi sederhana diatas  untuk sebuah komputer, oleh karena itu kita akan membuat NanoStation2 ini menjadi Client, maka yang harus kita lakukan adalah melakukan wardrifing, Select sebagai Station.
  11. Pada implementasi dilapangan, kita harus menggunakan GPS untuk menentukan arah target AP (Access Point) yang akan di tembakkan, tetapi jika tidak memiliki GPS kita bisa memutar-mutar saja posisi NanoStation2 untuk mendapat signal terbaik, minimal kita mendapat (-68) dBm kalo anda mendapatkan (-93) dBm jangan harap bisa konek dengan lancar.
  12. Jangan lupa pastikan network NanoStation Loco anda sebagai Bridge, caranya dengan me-milih tombol Network pada NanoStation2 lihat pada gambar dibawah ini :
  13. Langkah ke 13 inilah yang harus anda minta ke Wireless ISP yaitu security yang di terapkan oleh Provider anda untuk koneksi internet, dan jangan lupa meminta IP address yang di berikan Wireless ISP yang anda koneksikan ke NanoStation2 Loco, sebuah misal anda di berikan IP address oleh provider anda :

IP address : 172.10.10.15

Subnet : 255.255.255.0

Gateway : 172.10.10.1

DNS1 : 202.199.0.99

DNS2 : 202.199.0.100

Maka IP diatas tersebut yang harus di isikan ke komputer anda (network Interface) anda jika ingin terkoneksi ke internet, karena posisi NanoStation2 Loco adalah sebagai Bridge

14.   Permasalah user biasanya menginginkan meng-utak atik lagi NanoStation nya, itu bisa anda lakukan dengan menambahkan IP aliases, dengan cara me-ngeklik tombol Advance pada TCP IP anda dan menambahkan IP yang satu blok dengan NanoStation2 seperti gambar di bawah ini :

II.   Menggunakan NanoStation2 Sebagai ROUTER

Disini kita akan membahas Nano station2 Sebagai Router, network yang akan kita terapkan adalah sebagai berikut :

1.   Seperti setting sebelumnya, kita akan menggunakan NanoStation2 nya sebagai router caranya cukup mudah, tinggal mengganti Bridge nya dengan Router seperti gambar di bawah ini :

2.  Langkah selajutnya adalah memasukkan IP yang telah di berikan wireless ISP anda, jika IP yang di berikan ISP anda seperti di atas:

IP address : 172.10.10.15

Subnet : 255.255.255.0

Gateway : 172.10.10.1

DNS1 : 202.199.0.99

DNS2 : 202.199.0.100

3.  Maka anda harus memasukkan IP tersebut pada Kolom WLAN IP address seperti gambar di bawah ini :

4.  Seperti gambar diatas, jangan lupa mencentang Enable NAT dan Enable DHCP server supaya kita tidak susah-susah mengisikan IP di Komputer kita.

5.  Ada ber macam-macam juga security pada Wireless ISP, jika Wireless ISP anda memberikan anda Username dan password PPPoE, maka anda masukkan saja username dan password tesebut pada NanoStation2 LOCO ini seperti gambar di bawah ini, dan jangan lupa juga mencentang Enable NAT dan Enable DHCP server,

6.   Ada ber macam-macam juga security pada Wireless ISP, jika Wireless ISP anda memberikan anda Username dan password PPPoE, maka anda masukkan saja username dan password tesebut pada NanoStation2 LOCO ini seperti gambar di bawah ini, dan jangan lupa juga mencentang Enable NAT dan Enable DHCP server, atau biasanya Default MTU (Maksimum Transfer Unit) di isi dengan 1480, centang juga PPPoE encryption jika Wireless ISP anda menginginkannnya

7.   Ada fitur lain apabila anda ingin mengganti Username password atau nama access Pointnya anda bisa masuk ke menu system.

8.  Selesai. Mudah Bukan, sekarang tergantung Implementasi yang ingin anda terapkan dengan memanfaatkan alat ini, selamat mencoba.

39 thoughts on “Mengupas setting Nano Station2 LOCO

  1. aku punya ns2 dan aku cek didalam ada destination untuk pengaturan signal.. waktu aku ubah dari 2km ke 10km dan aku apply kenapa tidak mau ya selalu berubah ke settingan awalnya… dan satu lagi kalau mau saya letakkan di luar kira2 pengaruh nggak kena air hujan

  2. mas antena NS2 bisa 2 fungsi kah ? nerima sekaligus menyebarkan juga, trims kalo bisa kasih tau donk caranya

  3. mau ty apakah ns2 bs disetting poin to multipoin. jd 1 nano dijadiin pemancar untuk 2 nano lainnya. untuk hub jaringan lan antar gedung yg berjauhan. kalo bs gmn caranya? apakah satu dijadikan station dan 2 lainnya sbg ap atau sebaliknya?
    Trims…

  4. kalo mau masang password d jaringan gmn ya gan?
    biar ngga smua orang bisa konek k WLAN saya….
    thx

  5. kalo di feat pake routerboard bisa g bisa..
    mas punya tutor untuk itu? NS2 feat routerboard

    skemanya kayak gini mas..

    speedy-1 speedy-2
    \ /
    routerboard
    / \
    AP nano Hub to clinet

    saya pengen bikin hotspot di warnet saya.. tapi saya masih bingung dengan settingan ini itu.. mohon pencerahannya ^^

  6. d kantor kita sudah menggunakan nanostation2 ini dengan baik saat mengguanakan OS Windows, namun ketika menggunakan OS Linux maupun android, kita tidak dapat berselancar k dunia maya padahal kita sudah dapat ip address.

    mohon bantuannya

  7. setingan nanostation biar bs jd hotspot gmana gan? dlm kondisi sdh ada sinyal wifi tp jangkauanya krang jauh dan krang full. mhon ilmunya gan……

  8. Siang, saya mau tanya kenapa NS2 saya tidak bisa masuk dengan Ip 192.168.1.20???
    walaupun menggunakan wireless NS2, kenapa internet di komputer saya ip nya tetap 192.168.1.1??? kenapa bukan ip ns2???
    trims

  9. Permisi mau numpang tanya..
    saya barusan mereset NS2,dan settingan sudah saya kembalikan dengan memakai station wds,tetapi knapa kok tambah ndak keluar signal ya mas..
    Mungkin ada masukan terimakasih sebelumnya ..

  10. Salam..
    Saya mau ikutan bertanya..
    Kalo NanoStation itu direset dan sudah dikembalikan seperti semula settinganya tapi signal kok ndak keluar itu knapa ya mas..
    Settingan station-wds,dan wireless sudah terdeteksi.
    Mohon infonya..
    Terima kasih..

  11. oooo pengennya keluar signal ya mas?? di setting sebagai AP (Access Point) aja mas biar keluar signal nya

  12. maaf mas..
    kebetulan ada 3 nano yang terpasang,yang 2 dengan settingan station-wds bisa dapat sinyal,.tapi yang satu ini kok ndak dapat..apakah rusak atau model lama ndak support sama yang baru..
    Terima kasih mas atas bantuan infonya..

  13. Mau tanya bos??
    aku punya 2 antenna NS 2,yang NS A saya buat hotspot dengan menambahkan antenna omni,klau misal NS B saya tembak kan ke NS A,apa NS B bisa memancarkan kembali signal hotspot itu??

    Trima Kasih

  14. mw nanya boss,, pada setting tab advanced.,, apa perbedaan ato pengaruh multicast data dicentang allow all dengan tidak dicentang,,

    trust , kalo multicast rate disetting 54 ,, knapa ya ? efeknya gmna?

  15. @iffans
    bukannya AP WDS pak??

    @ADIT
    bisa pak, tinggal setting AP WDS nya di NS B

    @DINDA
    Aktifkan Multicast Routing memungkinkan pilihan paket multicast pass-through antara jaringan internal dan eksternal, sementara perangkat beroperasi dalam mode Router.

    Multicast ini didasarkan pada Internet Group Management Protocol (IGMP).

    jadi intinya untuk kebutuhan paket data, jika ubnt berfungsi sebagai router.

    Tetapi jarang sekali saya temui ubnt sebagai router, biasanya bridge karena fungsi router sudah digantikan oleh mikrotik dibawahnya

    olehkarena itu mencentang multicast tidak ada hubungannya sama sekali dengan memperkuat signal

  16. thx , ,broo , , ,
    semoga trus sharing ilmu , ,
    semoga Tuhan yg mblz smua kebaikannya . .

  17. 1. terimakasih tutorialnya.
    2. mo tanya gan, saya punya 1 nanostation dan 1 router (wr340G). nanostation untuk nembak wifi dan router untuk nyebarkan wifi di rumah. saya bingung setingannya.
    a. nano saya seting seperti tutorial agan, wireles mode : station dan network mode : bridge. kalo saya tancapkan ke lan bisa ngenet, tapi kalo saya hubungkan ke wr340g kok gak bisa. Apa kesalahan pada seting wr-nya?
    b. kalo saya pingin ip-client saya beda blog dengan ap yang saya tembak. perlu gak pake wr340g tsb?
    c. saya sudah diberi user name dan password login mikrotik, tapi ip-dari wireles isp berubah-ubah (isp bilang : ini pake dhcp) saya kurang faham ini. mohon penjelasannya.
    sebelumnya, terima kasih…

  18. kalo wr340G di tancepin ke WAN maka setting wr340G sebagi router, WAN isi sebagai DHCP client, tancepin deh leptop ke LAN nya wr340G

  19. - agan, makasih tutorialnya. saya bisa konek tapi lewat LAN langsung ke NS2 nya, kalo pake WR lum berhasil.
    – saya coba-coba seting NS2, wireless mode : station, network mode : router seperti tutorial di atas tapi kok malah gak konek. masalhnya apa ya? apa kalo mode wireless : station maka network harus bridge atau kalo network : router maka wireless harus AP? mohon pencerahannya..
    – ada gak fitur NS2 untuk seting Login Mikrotik?

  20. wireless station bisa pake bridge atau router pak,

    kalo mode router setting IP nya di perhatikan, kalo dikasih ISP nya dinamic, setting WAN pada NS nya harus DHCP client, LAN nya pake DHCP server aja biar gampang

    Login mikrotik pake mikrotik pak

  21. mas, saya punya ns2. saya mau buat hotspot jarak jauh. tapi broadbandnya dari simcard gsm, bisa gk? caranya gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>